F A Q

FAQ     
Pertanyaan & Jawaban. 
 
Apa yang dimaksud Revitalisasi ?   
Kata revitalisasi ( diambil dari bahasa latin “Vita“ yang berarti hidup) yang bermakna menghidupkan kembali. Fenomena dari revitalisasi merupakan dasar yang sangat unik dalam proses kimia – fisika ketika terjadi di dalam kondisi zona gesek  ( friction zone ). Nano Energizer® merupakan material pembangun dan activitor energi yang sangat unik yang menghasilkan sebuah permukaan baru dengan memanfaatkan tenaga panas dari hasil gesekan. Proses revitalisasi berhenti bila geometri part telah terbentuk. Revitalisasi akan memproteksi seluruh permukaan part menjadi sangat halus ( seperti permukaan kaca )

2.    Bagaimana cara kerja Revitalisasi itu ?
Revitalisasi Nano Energizer® menambah dengan menyesuaikan ketebalan micron sesuai kebutuhan pd elemen yang tergesek, ”ratusan” part pd bagian mesin dan ”puluhan” part pada bagian roda gigi. Ini yang dinamakan PERBAIKAN ( REPAIR )

3.    Kandungan apa yang terdapat pada coating Nano Energizer® ?
Merupakan permukaan coating yang sangat keras, sangat halus, dan tahan terhadap korosi. Mempunyai micro hardness 650 – 750 kg/mm. Kehalusan permukaan part baru antara 0,9 sampai 2,1 Ra, yang mana Nano Energizer® akan menyakinkan anda akan kehalusan permukaan setelah revitalisasi menjadi 0,06 Ra.

4.   Saya mempunyai kendaraan baru. Mengapa saya membutuhkan Nano Energizer® ?
Operasional kendaraan merupakan sebuah periode waktu untuk penyesuaian dari part. Selama periode ini lapisan permukaan akan terjadi aus. Nano Energizer® revitalisasi akan meminimalkan kerugian dari keausan selama menjalankan kendaraan dan memberikan kesempatan sangat unik untuk memproteksi dan menyesuaikan part dengan lapisan cermet.  

5.   Apa Nano Energizer® merupakan toxic ( zat beracun ) ?
Tidak. Seluruh produk mempunyai izin sanitasi untuk digunakan dalam industri makanan dan telah mendapat serifikat higienis. 

6.   Dapatkah saya men-treatment mesin 2 tak ?
Ini adalah formula special, gel untuk merekondisi silinder mesin 2 tak. Ini dapat digunakan untuk treatment semua mesin baik itu jenis scooter, mesin potong rumput dan mesin pemotong ( chain saw )

7    Mengapa jumlah gel yang diaplikasi harus disesuaikan dengan jumlah volume oli tapi tidak terhadap tingkat keausan ?  
Karena jumlah oli di dalam mesin dan beberapa joints serta unit terhitung secara proporsi di permukaan gesekan ( zona gesekan ). Karena hal yang dapat dihitung adalah di system volume oli dan mencukupi hitungan jumlah gel untuk memperbaiki pada keausan.

8.    Saya membeli mobil bekas dan mendapatkan info dari pemakai lama menggunakan beberapa additive oli. Dapatkah saya menggunakan Nano Energizer® untuk kasus ini ?
Tentu bisa, anda dapat melakukannya. Revitalisasi Nano Energizer® sangat cocok dengan berbagai jenis additive.

9    Apakah Nano Energizer® akan tetap berada didalam Crankcase / ruang mesin   saat mobil di parkir untuk waktu yang lama ?
Ini tidak akan terjadi jika anda mengikuti petunjuk aplikasi Nano Energizer®. Nano Energizer® hanya diaplikasikan pada mesin dalam keadaan hangat. Mesin kemudian dihidupkan ± 2 menit saat idle. Ini untuk membawa gel revitalisasi ke zona permukaan gesekan.

10.    Akankah permukaan yang telah terbentuk mengelupas selama berkerja ? 
Tidak, tidak akan mengelupas. Ini adalah penyatuan (bukan penempelan) pada metal dan hasil revitalisasi merupakan sebuah kesatuan (monolithic) dan crystal solid yang terbentuk pada kedalaman 10 – 30 m. Kemudian tidak ada batasan antara permukaan matrix dengan lapisan yang dibentuk..

11. Diperlukan jarak berapa Km proses pelapisan /coating tersebut ?
  Proses coating membutuhkan jarak 1000-2000 Km

12.  Apakah penambahan lapisan akan menambah ukuran dari mesin ( piston, silinder ) ?
Tidak, tidak akan terjadi. Proses revitalisasi merupakan suatu cara tersendiri untuk mencapai terbentuknya permukaan baru. Revitalisasi akan aktif pada bagian yang telah rusak secara ekstrim dimana terdapat kondisi : gesekan yang berlebihan, suhu tinggi, tekanan ekstrim. Permukaan akan di rekondisikan dan terbentuk sebuah lapisan baru, proses akan terhenti dan tidak berkembang dimana sudah tidak terdapat kondisi seperti diatas.

13.    Haruskah oli diganti sebelum treatment / perlakuan mesin ?
 Tidak harus. Tetapi diharuskan ganti, bila masa pakai oli tidak mencukupi untuk semua langkah revitalisasi ( 1600 Km ).
14.    Bagaimana cara Nano Energizer® dapat menghemat Bahan Bakar ?
Sesuai prinsip teknikal, penggunaan bahan bakar yang berlebihan diakibatkan oleh keausan dari grup piston – silinder. Setelah  revitalisasi geometri dari part akan kembali terbentuk, dan pemakaian bahan bakar akan kembali normal. Sebagai tambahan, faktor gesekan yang rendah ( kehalusan permukaan dari 0.9 sampai 2.1 Ra akan diisi secara bertahap menjadi kehalusan permukaan 0.06 Ra ) secara signifikan akan mengurangi kerugian dari gesekan. Dengan hasil ini, anda akan menghemat sampai 30% bahan bakar saat idle dan 5 - 7% bahan bakar ketika menjalankan kendaraan.

15.   Haruskah saya menambah Nano Energizer® setiap kali mengganti oli ?
Tidak. Lapisan yang telah terbentuk dalam proses revitalisasi ( pertama kali ) selama menjalankan kendaraan dengan jarak tempuh 930 – 1240 mil ( 1500 – 2000 km ). Setelah treatment anda harus mengganti oli seperti biasa. Efek Nano Energizer® akan bertahan sampai beberapa kali penggantian oli ( sampai 50.000 km )


16.   Saya baru saja melakukan Overhaul, apakah membutuhkan Nano Energizer® ?
Nano Energizer® revitalisasi merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk mesin yang telah di overhaul. Selama overhaul pada umumnya sangat tidak mungkin mendapati kekerasan permukaan part seperti part original ( suku cadang asli ). Nano Energizer® bisa merekondisikan dan mengembalikan kekerasan permukaan part.

17.     Jika anda pernah terpengaruh oleh iklan lama, yang bermakna, mungkinkah berkendara tanpa oli sama sekali ?
Nano Energizer® tidak merekomendasikan anda menjalankan kendaraan tanpa pelumas. Prosedur revitalisasi Nano Energizer® untuk repair / perbaikan, rekondisi dan memproteksi mesin. Kami telah menyampaikan pada anda tentang menjalankan kendaraan dengan crankcase kering ( tanpa pelumas ) hanya untuk demo kualitas dari lapisan Nano Energizer®, dan itu untuk menyakinkan anda, dengan treatment pada kendaraan anda. Anda dapat memproteksi dalam keadaan yang sangat ekstrim. Disamping perbaikan dan keuntungan (uang), kendaraan anda diproteksi dengan Nano Energizer® , silahkan anda menghitungnya sendiri !


18.  Mana yg terbaik untuk treatment, oli mineral atau oli sintetik ? Tidak ada perbedaan karena revitalisasi cocok digunakan pada berbagai macam oli dan bahan bakar. Tidak ada reaksi terhadapnya dan tidak merubah viscositas (kekentalan). Oli hanya sebagai pembawa gel revitalisasi pada area permukaan gesekan. Nano Energizer® tidak untuk oli, tapi untuk memperbaiki ( repair ).

19.    Dapatkah semua kompressor di treatment dengan Teknologi Nano ?
Ya, secara praktis semua kompressor mengurangi clearence dalam gear, mengurangi bentuk oval dan kemiringan dari group piston – silinder dan merekondisikan permukaan yang bergesek sampai 0.5 mm. Oksigen kompressor tidak dapat di treatment dengan Nano Energizer® karena bukan pelumas.

20.    Sampai kapan pelapisan ini akan tercapai ?  
Berbicara kompresi / tekanan dalam silinder sebelum treatment sekitar 142.2 psi (10 kgf/cm2) dan setelah treatment akan mencapai 184.9 psi ( 13 kgf/cm2 ). Manufaktur menjamin performa ini akan mencapai 1 tahun berjalan. Secara singkat, performa tidak akan berkurang bila kendaraan anda berjalan 60.000 mil ( 100.000 km ). Kemudian, anda dapat mentreatment mesin kembali.

21. Seberapa besar kekuatan yang dimiliki Nano Energizer®  ?
Nano Ceramic Coating memiliki kekuatan 20x lebih kuat dibandingkan baja. Sehingga tidak hanya berfungsi memperbaiki bagian mesin yg aus, melainkan juga memulihkan kondisi dan tenaga mesin ke tingkat semula serta memperpanjang umur mesin secara signifikan

22. Bagaimana penggunaan Nano Energizer® pada motor 2 tak ? 4 tak ? dan mobil ?  
Untuk mesin 2 tak sering dipakai, Nano Energizer® di campur kedalam oli samping.  Untuk mesin 4 tak dan mobil dimasukkan melalui lobang oli mesin. .

23. Bagaimana Cara Pemakaian Nano Energizer®  ? 
Langkah-langkah pemakaiannya adalah  sbb:          
1.    Panaskan mesin selama 2 menit
2.    Matikan mesin
3.    Kocok Nano Energizer®
4.    Tuangkan Nano Energizer® ke dalam oli mesin
5.    Hidupkan mesin selama 5 menit atau kendaraan
       langsung dipakai

24Apa Nano Energizer®  mempunyai efek samping ?
Tidak ada.

25 Bagaimanakah proses kerja Nano Energizer® di dalam mesin ? Bagaimana Nano Energizer® bekerja memulihkan silinder & piston yang aus ?
Tahapan proses kerja pelapisan yang luar biasa. Cara Kerjanya  :
·         Memanfaatkan panas & tekanan didalam oli mesin pada saat mesin hidup & bekerja
·         Bagian dari mesin yg sudah aus akan menimbulkan potensi listrik yg menarik partikel Nano yg sudah dicampurkan kedalam oli mesin, Partikel Nano bercampur dengan pelumas yang menghasilkan pelumasan mesin. Bagian mesin yang aus diisi oleh partikel Nano. Partikel Nano mengikat secara kohesi disebabkan panas dan tekanan.
·         Terjadi proses coating ( pelapisan ) secara berlapis seperti proses pembentukan mutiara didalam kerang karena partikel Nano yg sangat halus. Setelah pemulihan bagian yg aus maka partikel nano akan melapisi dinding dalam mesin secara sempurna membentuk membran pelumas.
·         Setelah proses coating terjadi didalam mesin maka kondisi mesin akan dipulihkan ketingkat semula, yaitu : tenaga mesin bertambah secara signifikan, suara & getaran mesin menjadi halus, asap mulai menghilang, konsumsi BBM akan terjadi penurunan.  


26.   Bagaimana Nano Energizer® menghemat BBM ?
Ø  Pada saat kendaraan berhenti, biasanya orang menginjak gas ± 7 detik secara penuh kpd kecepatan yg diinginkan dgn mesin yg sudah dipulihkan Nano Energizer® cukup 4 detik karena ada peningkatan tenaga mesin.
Ø  Saat kendaraan berlari kencang (80–100 km/jam) biasanya mesin bekerja pd ± 3.000 rpm, setelah dipulihkan Nano Energizer® mesin cukup bekerja dgn 2000–2500 rpm untuk kecepatan yg sama.
Ø  Apabila mobil kita berada dibelakang mobil lain yg sedang menanjak jalannya seringkali ditutupi asap tebal yg keluar dari mesin yg kompresinya bocor, asap adalah sisa pembakaran yg tidak sempurna pd saat menginjak gas, semakin dalam gas diinjak semakin banyak BBM yg disemprotkan utk menggerakkan mesin yg ditandai dgn semakin tebalnya asap yg keluar, setelah terjadi proses pemulihan dgn Nano Energizer® akan terjadi perubahan gigi saat menanjak yg biasanya memakai gigi 1 kini dgn gigi 2 sudah mempunyai tenaga yg lebih untuk menanjak.

27. Ada berapa jenis varian Nano Energizer® ? 
Nano Smaller Engine untuk motor 1 Ltr oli, compressor, bearing,  gear box  dan  transmisi. @Rp. 70.000.  Dan Nano All-Type untuk mobil dan truk diesel 4-10 Ltr oli. @Rp. 150.000.

28. Bagimana perbandingan  Nano Energizer®  & produk-2 lain ?


Nano Energizer®
Penghemat BBM
Alat Penghemat BBM
Sumber Masalah
Mesin
BBM
Cara Kerja Mesin
Bentuk Produk
Cairan
Cairan, Tablet
Sparepart atau        Modul Alat
Bahan Baku
Ceramic
Minyak Nabati
Material Logam
Cara Kerja
Pelapisan /Coating Engine
Meningkatkan  Kadar Oktan
Membantu Kinerja Mesin
Teknologi
Nano Teknologi
Bio Teknologi
Penemuan Alat
Harga
Terjangkau
&  Bersifat Investasi
Murah Tapi  Terus Menerus
Mahal Tergantung Teknologinya
Hasil
Permanen
( ± 2 Tahun / 50.000 Km )
Sementara  (ketergantungan)
Sementara
 ( tergantung kerja alat )


29.  Apakah setiap ganti oli kita menggunakan Nano Energizer®? 
Tidak. Sekali penggunaan saja, Nano Energizer® mampu bertahan hingga 30.000-50.000 km. 

30. Ada berapa jenis varian Nano Energizer® ? 
Nano Smaller Engine untuk motor 1 Ltr oli, compressor, bearing,  gear box  dan  transmisi. @Rp. 70.000.  Dan Nano All-Type untuk mobil dan truk diesel 4-10 Ltr oli. @Rp. 150.000.

31. Apakah Nano Energizer®  bisa  untuk gearbox dan transmisi  ?  Bisa, menggunakan Nano Motor.

32  Produk Nano Energizer® buatan mana ?
Dibuat di negara Korea Selatan, NanoTec International, beralamat : 117-3 Chimsan Daegu, Korea, Perusahaan yang disuport langsung  Pemerintah Lembaga Riset Nano Teknologi yg hasilnya digunakan utk Militer & Industri, sekarang telah dipasarkan di lebih dari 40 negara, al : USA, Inggris, Australia, China, Thailand, Turki, India, dll.

33. Bagimana perbandingan  Nano Energizer®  VS Additive ?

Nano  Energizer®
Additive Oil
Karakter
Produk
Bahan baku terpisah dari oli dan berdiri sendiri dgn memanfaatkan oli sbg media, tdk menambah / mengurangi kualitas oli
Menjadi satu dgn oli yg ditambahkan menjadi satu senyawa dgn oli yang sudah ada seperti : Anti Oksidasi, Korosi, Abu,  Detergent dan Dispersant, Viskositas Indek
Fungsi

Memulihkan Kondisi Mesin
( Restore Engine )
Memaksimalkan fungsi oli yaitu lubrikasi dgn tambahan zat tertentu yg bisa melapisi supaya oli lebih Tahan Lama
Bahan
Baku
Ceramic                         dengan
Nano Teknologi
Oli Synthetic dan Formulasi-formulasi tertentu yg terbuat dari bahan kimia
Cara Kerja
Melapisi kondisi mesin yg sudah aus dan berkerak krna gesekan
Membantu pelumasan dgn tambahan film yang menempel pada dinding Mesin
Hasil
Permanen                                 1 x pengisian untuk
50.000 Km
Sementara                                                      1 x pengisian untuk
2.000 – 5.000 Km

34. Seberapa besar ukuran Nano itu ? Satu nanometer berukuran sepermilyar meter, atau sepersejuta milimeter = ukuran 1/50.000 kali diameter rambut manusia

35. Bagaimana paradigma perawatan kendraan sekarang ?  Paradigma perawatan kendaraan sekarang adalah membersihkan, menyetel ulang, dan mengganti spare part. Paradigma kendaraan seharusnya : memulihkan mesin, memelihara, dan melindungi.

36. Apa keunggulan  produk dengan teknologi nano ceramic ?
Keunggulannya adalah : Tahan terhadap suhu panas yang ekstrim Adaptip pada suhu lingkunan apapun Tahan terhadap gesekan, memiliki kekuatan 20x lebih kuat dibandingkan baja. Tidak ber-ubah wujud ataupun bentuk Tidak memuai ataupun menyusut.

37. Apakah pengertian Teknologi Nano itu  ?
Teknologi Nano adalah teknologi yg mampu menguraikan partikel dalam ukuran yg terkecil atau sangat kecil yaitu 1 mm = 1000 micron, 1 micron = 1000 nano, dgn tekonolgi nano mampu membuat suatu benda memiliki sifat & karakteristik yg berbeda dari bentuk asal suatu benda tersebut.

38. Produk Nano Energizer® buatan mana ?
Dibuat di negara Korea Selatan, NanoTec International, beralamat : 117-3 Chimsan Daegu, Korea, Perusahaan yang disuport langsung  Pemerintah Lembaga Riset Nano Teknologi yg hasilnya digunakan utk Militer & Industri, sekarang telah dipasarkan di lebih dari 40 negara, al : USA, Inggris, Australia, China, Thailand, Turki, India, dll.



Suppri Yatna 04 Juni jam 9:04
maaf boss mo nanya ......,kijang grand ane dah ada asep nya....ane dah celupin tuh nano ke kijang grand ane 3 hari yg lalu ,sekarang dah jalan 100 km ,tapi belum ada perubahan ......emang berapa km tuh nano ada reaksi nya.......makasih.
*      setelah 1000km perubahannya. sebagai catatan:
1.    Ngebul yg disebabkan ring piston lemah tdk bias
2.    U/ kasus mobil ngebul dianjurkan memakai 2pcs sekaligus.

Prime Seven  30 Mei jam 11:01
Nanya lg Om, kl dr dlu biasa pke aditif lain yg mengusung Nano Tech utk setiap pergantian oli trus skrg pke Nano Engizer utk interval 30.000Km"y apa da dampak negatif"y ??  Thx....
*      ga masalah kok om...kalo pake NE ganti oli tetap normal ya. BUKAN berarti ganti oli tiap 30.000 km

Prime Seven
Sel siang Om, kl untuk penggunaan mesin motor matic (Vario) yg baru gmn ? ( Km msh 02 ) apa ada ketentuan2 yg perlu diperhatikan ?
*      nano boleh dipakai untuk kendaraan yg sdh melewati 5000km

Liliek Primiharto 28 Mei jam 13:42
apakah harus oli baru atau bisa 1/2 jalan?
*      sebaiknya oli baru dan ganti filter oli sekalian

wah tertarik gan... ada testi dari customer gak gan?
*      byk gan....ketik aja di google review nano energizer

bos mau tanya klo untuk boring yang haus bisa ngga ?? mesin ngasep ? trus harga nya brapa 1 kemasan untuk berapa liter oil ?
*      bisa bos> ini bukan oli, tapo campuran, isinya 30ML. harga buat motor 70rb, buat mobil 150rb
harga 150rb, camprkan 30ml semuanya

Gde Wirasetia Sudarsana
saya pemilik Panther Touring 2.5 M/T dan baru saja menggunakan NE yg saya beli dari ace hardware.   pertama mencoba saya tidak menyangka jika efeknya lumayan cepet juga. semula panther milik saya mengeluarkan asap putih saat mesin sedang idle dan keluar asap hitam pekat saat rpm tinggi tapi sekarang asap putihnya sudah berkurang drastis dan hanya terlihat sedikit asap hitam saat rpm tinggi. good job NE. 

Anto Ronggolawe  08 April jam 8:45
Mobil sy bensin 6 silinder u/ mesin, transmisi & power steering pki nano yg sama atau beda?
*      beda. utk mesin pakai nano all-type, harga 150rb, utk transmisi pakai nano small, harga 70rb.

Anto Ronggolawe 12 April jam 10:04
Klu Power Sterring pki yg small juga ndak? cara peggunaan sm kyk injek di oli mesin?
*      betul power steering pakai small, cara pakai sma

Kurniawan Wawan
saya baru akan memakai Nano Energizer,dan akan saya campurkan dgn oli yg baru,seperti biasa motor saya ganti oli setiap 1500-2000 km,..........
Apakah pada km tersebut lapisan-lapisan Nano akan terbentuk sempurna,atau bisa dikatan berhasil..?...
Ataukah km nya harus saya lebihkn dari 2000 km.?
Mohon penjelasannya,...Terima kasih...( wawan-Tangerang )
 
 
Pheng An  26 April jam 18:19
Saya baru saja membeli NE 2 bungkus,masalahnya 5 hari yang lalu saya baru ganti oli mesin sepeda motor Honda Supra 125.
1.    Apa bisa langsung dituangkan kedalam mesin?
2.    Pakai berapa bungkus kalau keadaan mesin sudah makan oli.Asap warna putih.
3.    Waktu mengisi kedalam mesin,apakah mesin dalam keadaan dingin atau panas?
4.    Setelah di isi,mesi...n harus dinyalakan langsung atau bagaimana?
5.    NE tahan berapa lama pemakaian?
6.    Katanya lapisan NE 20X lebih kuat dari baja.Mengapa NE hanya mampu bertahan sampai 30km saja?Mohon penjelesannya.
7.    Apa ada efek sampingnya untuk pemakaian terus menerus?Lihat Selengkapnya
*      1. langsung tuangkan saja
*      2. Jika mesin bermasalah tuangkan 2pcs langsung aja.
*      3. mesin dalam keadaan pans, sesudah penuangankan, panaskan mesin lagi, atau langsung pakai
*      4. terjawab di nmr 3
*      5. Nano akan bertahan permanen, tiap 30rb dianjurka...n pakai lagi untuk menutup aus yg baru
*      6.terjawab di nmr 5.
*      7. jika pakai tiap kali ganti oli gpp. cuman ga ekonomis saja  Lihat Selengkapnya

Asra Maiwardi 22 Mei jam 12:49   klu utk mesin baru gimana gan...???
*      kurang terasa efeknya gan....

PeggunaanX NE gimana?   Kalo ganti oli,NE-nya trbuag/gak? (mis: oli dah pke 4000kM trz gnti oli,tp NE jg msh 4000kM).  Thx yg jwb.
*      tuangkan nano energizer ke dlm mesin, nano akan bekerja otomotais melapisi silinder yg baret, dan tdk akan ikut turun sewaktu ganti oli berikutnya.

Yoga Arditya 27 April jam 13:11  Thx pnjelasnX. Tp mf,q mw tnya lg,ql dah d'ats 30.000kM,gmn NE-nya?
*      NE tetep nempel, asumsi bahwa 30rb km akan terjadi aus yg baru

Mas, mobil sy wonder 86, apa bisa pakek nano egz?? di daerah probolinggo jawa timur ada nggak???
*      bisa pak, sgt cocok buat mobil tua

Iswan Rina SSi  30 Maret jam 17:29
klu dipadang ada dimana yang jualnya bro........ klubuat corolla TC 16 bisa ngak n gmn cara pakainya ? mkasih bro
*      di padang kirim dr jkt....cara pakai tinggal tuangkan ke oli mesin

Kaharullah As  25 Maret jam 9:57
di tangerang ada gaa??? dmna alamatnya?? Klo buat mobil tua kaya Toyota Cressida gmna???
*      di tamgerang bisa dibeli di acehardware lipppo karawaci. buat toyota cresisida sebaiknya pakai 2pcs sekaligus., mengingat mesinnya yg sudah sgt berumur

Kaharullah As  29 Maret jam 12:45
Pakai olinya apa yaa ,, spaya lbih mndukung kinerja dr nano energizer ???
*      oli apa aja bisa

Adi Nugroho  20 Maret jam 18:14
Bos, untuk Panther 94 bisa? pm ya cara penggunaanya ?
*      bisa, harga 15orb, caranya tuangkan nano enrgizer ke oli yg relatif baru

Yanuyan Danudan Missionkhasmhir 18 Maret jam 14:01
cara pemakaian gmana?bos  klo untuk mesin suzuki sport,.?
*      caranya tuangkan nano enrgizer ke oli yg relatif baru